Penulis : Akmal Nasery Basral

Jumlah halaman: 370

Tahun terbit: 2018

Penerbit : Mizan

Novel yang ditulis oleh Akmal Nasery Basral berdasarkan pengumpulan data dan informasi mulai dari keluarga Syafruddin Prawiranegara diwakili oleh putri sulung beliau, Aisyah Ganie, karena Aisyah Ganie (Icah) saat itu berusia 6,5 tahun, relatif sudah besar dan paham dengan apa yang terjadi. Selain itu, data dari berbagai pihak.

Buku ini diawali dengan prolog dan dilanjutkan 11 bab tentang perjalanan Syafruddin Prawiranegara menjadi Presiden PDRI ( Pemerintah Darurat Republik Indonesia), ditutup dengan epilog.

Pada Bab 1 (Dijemput Bung Hatta) menceritakan tentang Bung Hatta yang menjemput Pak Syaf di jogja untuk pergi ke Sumatra, karena hanya (Bukit Tinggi) Sumatra, Aceh, dan Yogya benteng terakhir mempertahankan republik ini. Istri, Tengku Halimah (Lily) dan empat anak beliau tetap di Yogya sementara Pak Syaf pergi ke Sumatra.

Bab 2 (Sukun Goreng Ibu Menteri) menceritakan perjuangan, Ibu Lily, istri Pak Syaf bertahan hidup dengan berjualan sukun karena Pak Syaf pergi ke Bukit Tinggi lebih lama dari perkiraan.

Bab selanjutnya mengalir dengan munculnya tokoh Kamil Koto, Ajo Sidi, Residen Rasyid, dan Zahara.

Kemudian terus bergulir menceritakan perjuangan Pak Syaf. Bab terakhir (Sampai Jumpa Presiden Prawiranegara) menceritakan berbagai perundingan yang dilakukan para tokoh bangsa demi mempertahankan republik ini. Diceritakan pula, Pak Syaf mengembalikan mandat kepada Bung Hatta pada tanggal 13 Juli 1949. Sejak Saat itu PDRI sudah dibubarkan.

Novel ini ditutup dengan epilog yang diceritakan melalui sudut pandang Kamil Koto dan Zahara, bagian ini juga menceritakan tentang pembatalan Pak Syaf menjadi khatib shalat Id. Ditutup dengan berpulangnya Pak Syaf ke sisi Allah SWT.

Novel ini bagus karena ditulis berdasarkan data dan cerita saksi mata peristiwa, yaitu putri beliau. Novel ini bukanlah bacaan ringan, diperlukan energi lebih untuk memahaminya.

Ig.hari_hari_hera


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: