Pesona Lawang Sewu, Semarang

Hayoo siapa yang sudah pernah ke Lawang Sewu??… Bagaimana?.. Super duper keren ya bangunannya.

Nah, sebelum membahas lebih jauh. Saya akan sedikit mengulas sejarah tentang bangunan ini.

Sejarah Lawang Sewu

Lawang Sewu mulai dibangun oleh Belanda pada 27 Februari 1904 dan rampung pada tahun 1907. Semula gedung ini merupakan kantor pusat perusahaan kereta api swasta milik Belanda dengan nama Nederlands Indische Spoorweg Maatschappj (NIS). NIS merupakan pelopor pembangunan jalur kereta api di Indonesia. Jalur pertama yang dibangun adalah Semarang-Temanggung pada tahun 1867.

Siapakah yang menjadi arsitek Lawang Sewu?

Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J.  Quendag. Keduanya berdomisili di Amsterdam. Semua proses perancangan bangunan dilakukan di Belanda. Setelah rancangan selesai, gambar-gambar rancangan tersebut kemudian dibawa ke Kota Semarang.

Namun seiring waktu, kantor NIS ini tidak mampu untuk menampung semua stafnya. Berbagai jalan sudah ditempuh seperti menyewa sejumlah bangunan milik perseorangan. Solusi tersebut membuat pekerjaan menjadi kurang efisien.

Maka diusulkanlah untuk membangun kantor administrasi yang baru.

Pilihan jatuh pada sebidang tanah di pinggir kota dekat dengan kediaman Residen Hindia Belanda (di sudut pertemuan Jalan Pemuda dan jalan raya menuju Kendal) .

Lawang Sewu dari masa ke masa

Lawang Sewu menjadi saksi bisu dari kelamnya masa penjajahan Belanda. Setelah ditinggal oleh NIS, bangunan ini sering difungsikan oleh penjajah Belanda dan Jepang sebagai penjara. Beberapa ruangan di bangunan ini bahkan disulap menjadi ruang tahanan yang menyiksa. Namanya saja sudah bisa membuat bulu kuduk berdiri, yakni Penjara Jongkok, Penjara Berdiri dan Ruang Penyiksaan. Berikut fungsi dari masing-masing ruangan:

  1. Ruang Penjara Berdiri pada awalnya digunakan sebagai lokasi penampungan tahanan. Tahanan yang tertangkap dimasukkan ke dalam ruangan tersebut dalam kondisi yang berdesak-desakan. Hal ini memaksa mereka untuk selalu berdiri karena apabila mereka duduk, ruangan penjara akan terasa lebih sempit dan menyiksa. Tak sedikit dari para tahanan ini meninggal di ruangan ini karena kelelahan atau kekurangan oksigen.
  2. Penjara Jongkok lebih parah lagi. Berbeda dengan ruangan Penjara Berdiri, tahanan yang dimasukkan ke ruang Penjara Jongkok dipaksa untuk berdesak-desakan dalam keadaan berjongkok karena tinggi ruangan tak sampai satu setengah meter. Bisa dibayangkan seperti apa penderitaan para tahanan yang dimasukkan ke dalam ruangan ini.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Lawang Sewu menjadi saksi mata ketika berlangsungnya peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang (14 Oktober – 19 Oktober 1945) antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai dari tentara Jepang. Karena itulah Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor 650/50/1992 memutuskan bahwa Lawang Sewu dimasukkan dalam 102 bangunan kuno bersejarah di Kota Semarang yang wajib dilindungi.(¹)

Lawang Sewu juga pernah digunakan sebagai kantor dari Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia atau yang sekarang dikenal sebagai PT. Kereta Api Indonesia. Meski pihak militer pemerintah Indonesia sempat mengambil alih gedung ini, saat ini kepengurusan Lawang Sewu kembali ke tangan PT. KAI.

Di mana lokasi Lawang Sewu?

Lawang Sewu berada di lokasi yang cukup strategis di Kota Semarang. Berada di bundaran Tugu Muda yang tidak jauh dari Kantor Balaikota Semarang dan dari pusat oleh-oleh khas Semarang. Tepatnya berada Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132.

Bagaimana cara ke sana?

Kalian bisa menggunakan ojek online (ojol) sesampainya di Stasiun Tawang atau Poncol. Bila lalu lintas sedang lancar, kalian hanya membutuhkan waktu 10-15 menit.

Jam operasionalnya?

Setiap hari jam 07.00-21.00 WIB.

HTM – 2019

(¹) https://sejarahlengkap.com

Berikut hasil “jepretan” tentang Lawang Sewu dari berbagai sudut:



Aneka motif ubin

Penampakan teras lantai 1
Zoom in penampakan ubin

Detail atas

Panel listrik
Pendingin ruangan alami
Tangga menuju lantai atas

Saksikan vlog nya yaaa😍⬇️⬇️

Hera gandaria channel

Difoto oleh https://halofaiz.com

Tinggalkan Balasan