Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Bogor dengan SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat)-Hanya 5 Menit!!! 😁

Sebenarnya, saya malas pergi ke kantor Samsat. Mengapa? Karena saya terbayang akan antrian yang superr panjang di loket pembayaran. Ternyata, pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) alias perpanjangan STNK tahunan saat ini berbeda jauh. Kalian bisa menggunakan HP android.

HP android? Yupp.. Ternyata saya bisa menggunakan aplikasi Sambara . Aplikasi ini bisa di download dari Google Play Store dengan menggunakan HP android.

Alur pembayaran PKB
Suasana Samsat Cibinong

Aplikasi Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat)

Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA) adalah inovasi berbasis elektronik yang dibuat BAPENDA Jawa Barat yang fungsinya untuk melakukan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor di Wilayah Jawa Barat. Aplikasi tersebut dapat menampilkan informasi pajak kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di Jabar secara online.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini?

Setelah mendownload aplikasi ini dari Google Play Store, kalian bisa membaca cara menggunakan aplikasi ini dari icon panduan.

Saya sendiri langsung mengikuti alur sesuai “icon panduan” tersebut. Berikut adalah ringkasannya:

1.Buka icon PKB

Icon PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

2. Isi nomor plat Kendaraan kalian

3. Tekan “cari” maka akan muncul seperti berikut

4. Tekan “ya” jika ingin daftar online

5.isi kolom tersedia nomor KTP/ NPWP sesuai kepemilikan yang tercatat di Samsat

Setelah diisi, tekan “proses” kemudian kalian akan mendapatkan kode bayar. Tampilan bukti bayar sebagai berikut :

Kode bukti bayar

6. Selanjutnya dengan menunjukkan kode bayar, kalian bisa membayar di gerai modern (Indomaret, Alfamart), fintech (Buka Lapak, Tokopedia), mesin atm (BNI, BRI, CIMB, Bank BJB), atau langsung ke teller Bank BJB. Kalian akan mendapatkan bukti bayar.

Mesin ATM
Contoh bukti bayar dari mesin ATM

7.Pengesahan STNK

Bawa Bukti Pembayaran beserta E-KTP Asli dan STNK Asli ke seluruh Sentra Layanan Samsat Provinsi Jawa Barat (Kantor Bersama Samsat, Samsat Keliling, Samsat Outlet dan Samsat Gendong) atau ke seluruh Kantor Layanan Bank BJB atau ke Polsek terdekat (Wilayah Kabupaten Bogor yang ditunjuk).

Untuk mengesahan STNK dan mendapatkan SKKP, Paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah pembayaran . Apabila tidak dilakukan pengesahan STNK, kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional.

Saya memilih membawa bukti bayar ke Kantor Samsat Cibinong. Sesampainya disana, saya langsung meyerahkan bukti bayar, KTP asli, dan STNK asli ke loket non tunai. Tak berapa lama, pengesahan STNK selesai dan saya pun mendapatkan SKKP.

Pengesahan STNK
SKKP (Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran)

Berikut kantor Polsek Kabupaten Bogor yang bisa melakukan pengesahan STNK:

Alamat Polsek Wilayah Kabupaten Bogor

Sebenarnya, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sambara. Kalian cukup memilih icon pembayaran (sms banking). Setelah selesai, kalian akan mendapatkan bukti bayar dan QR code. QR code ini akan di scan oleh petugas loket non tunai ketika kalian akan mengesahkan STNK .

QR code jika pembayaran melalui aplikasi sambara (sms banking)

Mudah kan! 😁 Semoga bermanfaat.

Terima kasih ❤

Catatan

*Berdasarkan pengalaman, Sebaiknya pendaftaran online untuk mendapatkan kode bayar dengan menggunakan aplikasi Sambara dilakukan pada saat jam kerja.

*pengesahan STNK elektronik dan pencetakan E-SKKP bisa dilakukan di customer service Bank BJB.

Tinggalkan Balasan