Tips Merencanakan Mudik Asyik (Tips agar Keuangan Tetap Aman Terkendali Selama Mudik)

Mudik asyik lebaran

Boros atau tidaknya saat mudik, tidak bisa diukur dari besar kecilnya pengeluaran. Mengapa? Karena bila kalian merencanakan pengeluaran sebesar 1 juta namun fakta dilapangan kalian menghabiskan 3 juta selama mudik maka pengeluaran kalian banyak yang tidak tepat sasaran dan apabila kalian merencanakan pengeluaran sebesar 10 juta namun fakta di lapangan kalian juga menghabiskan 10 juta maka pengeluaran kalian tepat sasaran.


Bagaimana caranya supaya anggaran mudik tepat sasaran?

Baca juga: MRT Jakarta

Caranya dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1.Pengeluaran transportasi

Apabila kalian menggunakan moda transportasi umum maka jauh hari, kalian harus berburu tiket murah namun bila kalian menggunakan kendaraan pribadi jangan lupa memperhitungkan biaya servis mobil, bensin, biaya tol selama perjalanan baik saat pergi maupun pulang kembali.

2. Pengeluaran selama perjalanan.

Yang dimaksud pengeluaran selama perjalanan seperti biaya makan, parkir, dan toilet. Jangan lupa menyediakan uang receh yaa!

3. Biaya hidup selama di kampung halaman

Kalian harus memperkirakan berapa lama tinggal di kampung halaman. Apabila kalian merencanakan tinggal lama di sana maka kalian harus menyediakan anggaran lebih. Jika tinggal di rumah keluarga meskipun tak diminta, kalian harus “pengertian” seperti membantu pengeluaran listrik, membayarkan PAM, membelikan sembako atau lainnya. Mengapa? Karena kepulangan kalian jangan menambah beban pihak keluarga.

Baca Juga: Membuat KIA

4. Pengeluaran untuk membeli oleh-oleh

Kalian harus merencanakan anggaran untuk 2 jenis oleh-oleh yaitu oleh-oleh untuk keluarga saat kita datang dan oleh-oleh yang kita bawa saat bersilaturahim dengan sanak saudara. Bukan kah salah satu tujuan mudik untuk bersilaturahim ?

Jangan lupa menyediakan uang baru pecahan 10,20,50 ribu-an untuk dibagikan kepada kerabat yang masih kecil. Namun, ada juga keluarga yang tidak terbiasa dengan tradisi ini.

Lihat juga :sistem zonasi

5. Pengeluaran untuk kegiatan diluar rencana alias dadakan

Yang dimaksud Kegiatan diluar rencana seperti acara makan bersama keluarga di luar, pergi berwisata bersama kerabat, acara temu alumni, dan lain-lain.

Selain itu, jumlah orang (tanggungan) yang ikut mudik merupakan faktor penting dalam menghitung anggaran. Semakin banyak yang ikut mudik maka kalian harus menyediakan anggaran lebih.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat menikmati mudik asyiknya yaa!

Terima kasih ❤

Baca Juga: Trans Studio Mall Cibubur

1 tanggapan pada “Tips Merencanakan Mudik Asyik (Tips agar Keuangan Tetap Aman Terkendali Selama Mudik)”

  1. Pingback: Uji Coba MRT Turangga (Jakarta) 2019 - Site

Tinggalkan Balasan