Mengenal Lebih Dekat PKN STAN

Mengenal Lebih Dekat PKN STAN

Hampir semua orang Indonesia mengenal PKN STAN. Sekolah ikatan dinas yang paling diminati di Indonesia. Ketika saya SMA dulu, PKN STAN menjadi incaran kami, anak -anak dari daerah.

Teman satu angkatan saya di SMA. Ada empat orang yang diterima di PKN STAN. Mereka adalah Murtini (IPA 3), Bayu (IPA 2), Yudi Kurniawan (IPA 4) dan Anung Andang (IPA 5). Ini menggambarkan betapa antusias nya anak -anak dari daerah mendaftar di PKN STAN.

Proses seleksi di PKN STAN sebenarnya tidak mudah. Ada beberapa ujian yang harus dilalui. Adapun ujiannya sebagai berikut:

1.Tes Kemampuan Dasar : Tes Intelegensi Umum (TIU) 30 soal, Tes Karakteristik Pribadi 35 soal dan Tes Wawasan Kebangsaan 35 soal.

2.Tes Potensi Akademik (TPA ) 45 soal

3.Tes Bahasa Inggris (TBI) sekitar 30 soal

Bahkan saat kalian sudah diterima pun. Kalian akan terus di uji selama masa perkuliahan. Namun ini tentang ujian mental. Seberapa kuat kalian mampu bertahan. Mengapa ? Karena PKN STAN masih menerapkan sistem Drop Out (DO).

Adapun sistem Drop Out berlaku bila:

  1. Tidak menyelesaikan seluruh beban studi yang tercantum di kurikulum.
  2. Memperoleh nilai D pada Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKKB) atau Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MKPB)
  3. Memperoleh nilai D lebih dari 2 pada Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKKK) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MKBB).
  4. Ada nilai E
  5. IP minimal 2,75 tanpa pembulatan ( misal : jika memperoleh IP 2,747 maka mahasiswa tersebut terancam di keluarkan)
  6. Tidak boleh mencotek.Jika ketahuan mencontek. Mahasiswa tersebut dinyatakan tidak lulus ujian. Karena integritas adalah modal utama ketika menjadi abdi negara.

Jika dahulu evaluasi kelulusan dilakukan selama enam semester (diakhir masa kuliah). Namun untuk peraturan yang baru, evaluasi dilakukan setiap semester. Jadi, Apabila mahasiswa PKN STAN tidak memenuhi syarat diatas. Secara otomatis dikeluarkan atau di DO dari PKN STAN.

Namun pihak PKN STAN juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa. Untuk Mengajukan keberatan. Apabila ada dugaan kesalahan penilaian oleh dosen. Agar keputusan dikeluarkan atau di DO dapat berimbang.

Jadi kesimpulannya. Seluruh mahasiswa PKN STAN harus menperoleh nilai bebas D dan E jika ingin terus kuliah di Kampus Jurang Mangu.

Mengapa aturan di PKN STAN sangat ketat? Karena mahasiswa tersebut di sekolahkan dengan uang rakyat. Secara gratis. Jadi mereka harus bersungguh-sungguh dalam kuliahnya. Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat indonesia.

Jika kalian berminat mendaftar di PKN STAN. Kalian harus melakukan persiapan. Salah satunya dengan mengikuti bimbingan belajar khusus PKN STAN. Dan ini banyak sekali.

Namun diluar itu semua. Kalian juga harus memantapkan niat. Diawali dengan niat. Diwarnai dengan usaha. Dijalani dengan kesungguhan. Agar sampai ditujuan dan memperoleh ilmu yang barokah.

Terima kasih❤

1 tanggapan pada “Mengenal Lebih Dekat PKN STAN”

Tinggalkan Balasan