Mau Melanjutkan Kemana Setelah Lulus SMA ?

Mau Melanjutkan Kemana Setelah Lulus SMA ?

Selepas SMA begitu banyak pilihan bagi anak-anak kls XII. Ada yang memilih bekerja. Namun tak sedikit yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah pilihan favorit.

Sedikit mundur ke belakang. Sekitar dua dasawarsa lampau. Hanya ada dua jalur penerimaan PTN. Jalur PMDK (Penulusuran Minat dan Kemampuan) dan jalur UMPTN (Ujian Masuk PTN).

Namun, seiring berkembangnya waktu. Saat ini, ada tiga jalur masuk PTN. SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri. Silakan di cek di https://ristekdikti.go.id/kabar/skema-baru-seleksi-masuk-ptn-2019/

Sejak Oktober 2018, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN ) adalah nama lain dari jalur undangan. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN ) adalah jalur masuk PTN melalui ujian tertulis nasional. Dan Jalur Mandiri adalah Penerimaan Mahasiswa yang dilaksanakan PTN secara mandiri.

Dari ketiga jalur masuk PTN. Jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah jalur favorit. Mengapa? karena menyangkut biaya perkuliahan yang jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan jalur mandiri.

Namun jangan lupa, Ada juga Sekolah ikatan dinas. Dan ini juga pilihan favorit bagi anak kelas XII yang sebentar lagi akan lulus.

Ada banyak sekolah ikatan dinas di Indonesia. PKN STAN, STTD, STIS, STSN adalah contoh dari sekolah ikatan dinas yang ada. Namun dari sekian banyak sekolah ikatan dinas. PKN STAN adalah pilihan favorit.

Sedikit mengulas tentang PKN STAN. Disana ada penerimaan Diploma 1 (D1) dan Diploma 3 (D3). Bahkan untuk D3, Apabila kalian berprestasi. Akan mendapatkan beasiswa melanjutkan D4 yang setara dengan S1.

Kelebihan lainnya adalah jaminan kerja setelah lulus. Namun jangan lupa, kalian harus melalui seleksi yang ketat agar diterima. Bahkan sistem Drop out (DO) masih diterapkan di PKN STAN.

Sebagai catatan, saat ini hanya bisa mendaftar di satu sekolah ikatan dinas. Jika kalian sudah mendaftar di PKN STAN. Kalian Tidak bisa mendaftar lagi di sekolah ikatan dinas manapun.

Tak terasa, waktu kelulusan semakin dekat. Kalian, anak-anak kelas XII, tinggal menghitung hari berseragam putih abu-abu. Sudahkah kalian mempunyai tujuan selepas SMA? Mendaftar PTN atau sekolah ikatan dinas?

Atau kalian juga bisa mendaftar keduanya. PTN dan Sekolah ikatan dinas. Seperti ilmu probabilitas di matematika. Semakin banyak mencoba, semakin banyak peluang yang didapat.

Jika saya lebih memilih masuk PTN. Bagaimana dengan kalian?

Terima Kasih❤

Tinggalkan Balasan