Singgah ke Masjid Ramlie Musofa Sunter

Sepulang dari menghadiri resepsi kerabat di daerah Sunter, Jakarta Utara. Saya kebetulan lewat masjid yang luar biasa indah. Jujur saja, Ini pertama kali saya melihat masjid tersebut. Karena Sunter bukan wilayah main saya hehehe.😉

Adzan dzuhur berkumandang ketika kami tepat sampai di gerbang pintu masuk masjid.

Kalian pasti penasaran kan seperti apa keindahan masjid Ramlie Musofa tersebut. Ini sejarah singkat masjid tersebut.

Sejarah Masjid Ramlie Musofa

Masjid ini terlihat seperti Taj Mahal di India. Arsitekturnya unik ditambah keindahan ornamen dengan kombinasi budaya Melayu, Arab dan Cina. Hal tersebut terpampang jelas di setiap sudut bangunannya.

Pendirinya, Haji Ramli Rasidin merupakan warga keturunan Tionghoa asal Aceh. Beliau selesai membangun masjid tersebut pada tahun 2016. Dan pada tanggal 15 Mei 2016 Masjid Ramlie Musofa diresmikan oleh Haji Ramli Rasidin dan Imam Besar Masjid Istiqlal.


Sedangkan nama masjid ini diambil dari potongan nama anggota keluarga Haji Ramli Rasidin. Dimana Ram singkatan dari Ramli Rasidin, Lie adalah Lie Njoek Kim, Mu = Muhammad Rasidin, So = Sofyan Rasidin, dan Fa = Fabianto Rasidin.

Konsep Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa didesain seperti Taj Mahal agar masjid ini tetap abadi laksana Taj Mahal dan dipenuhi jamaah sepanjang masa.

Suasana di sekitar masjid dipenuhi dengan banyak ukiran dari Bahasa Mandarin, Indonesia dan Arab. Di tempat wudhunya terdapat ukiran dinding tentang tatacara mengambil wudhu dengan benar.

Suasana Masjid

Masjid ini sangat bersih dan terawat. Tersedia banyak mukena di ruang sholat wanita. Kondisi di dalam masjid, tempat wudhu bahkan toiletnya pun bersih. Pihak masjid menyediakan lift dan jasa pengaman yang menyambut ramah jamah.

Bagaimana dengan keindahan arsitekturnya?

Kalian penasaran kan ? jangan khawatir, saya mendokumentasikannya khusus untuk pembaca duniahera.com 😘


Bagian dalam masjid
Peresmian masjid
Langit-langit masjid
Mimbar masjid
Tangga menuju tempat sholat
Motif lantai terasnya bagus yaa
Surah al-fatihah disisi kanan tangga
Tempat wudhu
Tata cara wudhu diukir
Toilet masjid
Surah alqariah

Terima kasih ❤

2 tanggapan pada “Singgah ke Masjid Ramlie Musofa Sunter”

  1. Makasih mam.. saya jadi tau ada masjid sebagus itu di Sunter… Ternyata mmg baru..soalnya dulu tempat main saya daerah sana …

Tinggalkan Balasan