Mampir Masjid At-Tin di Waktu Ashar

Kami singgah ke masjid At-Tin sore itu. Mampir sholat Ashar di sana. Masjid ini sangat istimewa. Tapi, apakah kalian tahu sejarah masjid ini?

Sejarah masjid At-Tin

Nama At-Tin diambil dari salah satu surah dalam Al-Quran yang merupakan wahyu ke-27 yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW, atau surah ke-95 dalam urutan penulisan Al-Qur‘an. Nama surah itu adalah At-Tin yang berarti sejenis buah yang sangat manis, lezat, dan penuh gizi. Buah ini dipercayai mempunyai manfaat yang banyak, baik sebelum matang maupun sesudahnya.

Selain diinspirasi dari surah Al-Qur‘an, pemberian nama At-Tin sebenarnya juga merupakan upaya untuk mengenang jasa-jasa istri mantan Presiden Soeharto yang bernama Ibu Tien atau lengkapnya Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto. Memang, pendirian Masjid At-Tin sejak awal merupakan usaha anak-cucu Presiden Soeharto untuk mengenang ibu/nenek mereka. Pendirian masjid ini terlaksana berkat bantuan Yayasan Ibu Tien Soeharto yang merupakan yayasan milik anak-keturunan Ibu Tien Soeharto. Oleh karenanya, nama At-Tin tentu dimaksudkan sebagai doa dan perwujudan rasa cinta yang tulus dari anak/cucu kepada ibu/nenek mereka. Masjid ini didirikan tahun 1997.

Dimana letak masjid At-Tin?

Posisinya berada di:
Jl. Raya Taman Mini Pintu 1 Taman Mini Kelurahan Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur atau kawasan TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

Siapakah arsitek dari masjid At-Tin?

Masjid ini merupakan salah satu karya Bapak Ahmad Noe’man. Beliau adalah maestro arsitektur masjid Indonesia.

Jadi wajar apabila desain eksterior maupun interior nya…luarbiasa.

Meski usia masjid ini tak muda lagi. Bayangkan lebih dari 20 tahun! Namun masih berdiri gagah di hamparan areal yang luas

Semoga berpuluh tahun yang akan datang, Masjid At-Tin tetap gagah berdiri dan terus mempesona jamaah yang datang meskipun hanya singgah sebentar.

Terima kasih ❤

Tinggalkan Balasan