Cara Praktis Menghitung Kalori agar Berat Badan Tetap “Stabil”

Bagaimana caranya agar berat badan tetap stabil?

Bagi sebagian perempuan berat badan bukan masalah sepele. Terutama tentang kenaikan berat badan. Mengapa? karena saya pernah mengalaminya. Sebagai seorang yang mempunyai kecenderungan “mudah gemuk” seolah hampir semua makanan bakal menyisakan lemak di tubuh ini. Terlebih dengan usia yang mendekati kepala 4 membuat tubuh ini mudah sekali “melar“.

Pada suatu masa, saya pernah mencapai bobot hingga 83 kg. Kemudian terus turun hingga 59-60 kg. Namun satu tahun terakhir bobot saya naik lagi hingga 70-71 kg. Padahal saya termasuk perempuan yang sangat “mobile“. Hampir tidak ada waktu istirahat. Bangun jam 3 pagi dan tidur jam 9 malam. Dan selama 18 jam saya isi dengan aktifitas rumah tangga, antar jemput anak ,dan malamnya masih mengajari mereka materi yang belum paham di sekolah. Pokoknya “One stop Service’s Mom“.😂

Apa yang saya lakukan ?

Lalu mengapa berat badan saya terus naik? Jawabannya adalah karena saya mengkonsumsi sembarang makanan tanpa menghitung berapa kalori yang masuk. Akhirnya setelah browsing dan bertanya sana-sini. Saya menemukan cara menghitung kalori yang praktis. Apa itu? saya menghitung dengan menggunakan aplikasi Fat Secret.

Whattt ? Fat secret?… Yupp… Karena aplikasi ini sangat mudah penggunaannya. Dan lagi-lagi saya sudah mempraktekkannya sendiri. Karena target saya menurunkan berat badan, maka aplikasi ini saya kombinasi dengan olahraga renang setiap minggu. Hasilnya berat badan saya turun hingga 64-65 kg.

Saat ini saya hanya ingin berat badan tetap stabil. Namun bagi jenis badan yang mudah gemuk, itu bukanlah hal mudah. Sehingga saya tetap menggunakan aplikasi untuk mengontrol berapa kalori yang masuk ke tubuh.

Cara mendapatkan aplikasi ini?

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi ini ? Kalian dapat mengunduh di Google Play Store

Saat Mengunduh di Google Play Store

Apa kelebihannya? Aplikasi ini dapat menghitung perkiraan jumlah kalori yang kalian konsumsi. Mungkin tidat tepat 100%. Minimal ini sebagai Alarm bila kalian sudah kelebihan kalori pada hari itu. Bagaimana caranya? Kalian cukup mengetik jenis makanan yang dikonsumsi.

Tampilan Layar Fatsecret

Disana kalian bisa mengetahui apakah kalori sudah berlebihan pada hari itu.

Selain itu, kalianjuga bisa melihat prosentase karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan yang sudah dikonsumsi.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur di fat secret. Sedangkan kelemahannya adalah jumlah kalori mungkin tidak tepat 100%. Selain itu kalian juga harus meluangkan waktu minimal 1 menit setiap habis makan untuk mengisi aplikasi.

Biasanya, saya agak sedikit membandel diakhir pekan. Saya sering mengkonsumsi makanan diatas 2200 kalori. Kelebihan kalori itu saya anggap sebagai hutang. Sehingga di hari berikutnya, jumlah kebutuhan kalori saya kurangi secara perlahan sampai hutang kelebihan kalori itu terbayar.

Alhamdulillah, setelah tertib mengatur jumlah kalori dari makanan yang di konsumsi dengan dibantu fat secret sebagai alarmnya. Saya bisa mempertahankan berat badan tetap stabil selama 3 bulan terakhir.

Bila saya sudah mencobanya. Bagaimana dengan kalian? semangattt 💪💪

Terima kasih ❤

Tinggalkan Balasan