Berapa Pengeluaran Transportasi Ibu Rumah Tangga dalam Sebulan?

Berapa Pengeluaran Transportasi Ibu Rumah Tangga dalam Sebulan?

Kadang saya suka iseng. Membuat catatan sendiri. Kemudian catatan tersebut saya simpulkan secara sederhana. Dannn hari itu saya iseng (lagi)😁.

Saya membuat catatan pengeluaran transportasi dalam sebulan. Dengan tolok ukur”berapa banyak bensin yang saya butuhkan selama sebulan? “

Saya mempunyai “tugas negara” antar jemput kedua putri kami setiap hari. Berdasarkan catatan, saya melakukan perjalanan 60 km. Senin sampai dengan kamis. Dan 85 km khusus di hari Jumát.

Ini artinya, saya menempuh perjalanan sekitar 325 km setiap minggu. Dan 1300 km setiap bulan.

Dan ini saya kali kan dengan angka keamanan 1,8. Mengapa? karena dalam perjalanan, terkadang saya singgah ke Pasar atau tempat lainnya. Dan jangan lupa. Dalam satu bulan, ada lima minggu di bulan tertentu. Jadi, Saya melakukan perjalanan sekitar 2340 km dalam sebulan.

Saya menjalankan “Tugas negara” tersebut dengan motor matic 108 cc. Berdasarkan informasi spesifikasi motor tersebut. Untuk berjalan sejauh 73 km, saya membutuhkan satu liter bensin. Namun kenyataanya berbeda di lapangan. Untuk satu liter bensin hanya bisa menempuh 45 km.

Ini dikarenakan medan yang saya tempuh. Medan yang sangat ekstrim membuat saya terlalu banyak mengerem. Tentu mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Ini berdasarkan pengalaman saya selama 20 tahun mengendarai motor ( sejak SMA kelas 2 – sekarang).

Jadi, untuk menempuh perjalanan sejauh 2340 km dalam sebulan. saya membutuhkan sekitar 52 liter bensin. Kalau harga se-liter pertalite Rp.7.800,- . Berarti dalam sebulan saya mengeluarkan anggaran sebesar Rp. 405.600,-

Namun dalam penyusunan anggaran transportasi bulanan. Angka Rp. 405.600,- dibulatkan menjadi Rp.500.000,-. Dengan mempertimbangkan faktor x seperti ban bocor dan lainnya.

Ini hanya gambaran kecil. Betapa besar anggaran untuk transportasi. Jika di tambah dengan pengeluaran transportasi suami ke kantor dan transportasi acara keluarga di akhir pekan.

Ternyata, Pengeluaran untuk transportasi tak kalah besar apabila dibandingkan dengan pengeluaran lainnya.

Maka dari itu apabila merancang anggaran bulanan rumah tangga. Pengeluaran transportasi mempunyai posisi penting. Seperti layaknya pengeluaran pendidikan, konsumsi dan kewajiban bulanan lainnya. Agar catatan akuntansi rumah tangga tak ada angka minus di akhir bulan.

Dannn lagi-lagi ini saya buat berdasarkan logika sederhana. Bisa saja berbeda di lapangan. Seperti kata suami saya, jangan terlalu saklek dengan matematika manusia. Mengapa? Karena pintu rejeki bisa datang dari mana saja. Sebab Allah itu Maha Kaya.

Terima Kasih❤

2 tanggapan pada “Berapa Pengeluaran Transportasi Ibu Rumah Tangga dalam Sebulan?”

Tinggalkan Balasan