Belajar Membaca di Rumah tanpa Bimbel (Mudah & Cepat)

Mengajari anak untuk membaca perlu dilakukan sejak dini. Memang tidak mudah namun dengan cara yang tepat anak pasti cepat bisa membaca. Saya mencoba berbagi pengalaman saat mengajar membaca kedua putri kami. Apa saja yang saya lakukan sehingga mereka bisa membaca tanpa bantuan bimbel alias bimbingan belajar?

1.Sabar dan tekun

Anak sering mengalami susah fokus saat belajar. Mereka sering berlari kesana kemari. Ini adalah ujian kesabaran bagi orang tuanya. Awalnya saya juga bingung mengatasinya. Namun saya belajar dari suami, yang kebetulan saat kuliah “nyambi” memberikan les privat dan kebetulan lagi salah satu murid les beliau superr aktif. Ternyata caranya mudah. Mereka harus diberi motivasi dulu dengan cara diajak cerita, di dengar dan di tatap matanya. Setelah bercerita, mereka bisa duduk manis. Dannnn kegiatan belajar pun di mulai.

2. Pengenalan huruf

Sebelum memulai belajar membaca, saya mengenalkan huruf dari A s.d. Z kepada mereka hampir setiap hari. Diulang dan diulang sampai mereka hafal.

3. Mencari buku panduan belajar

Sebelumnya saya pernah membeli kartu belajar membaca dan buku panduan membaca yang super tebal. Namun hasilnya nihil. Sampai akhirnya, saya tidak sengaja melihat penjual buku kaki lima menawarkan buku belajar membaca. Bukunya kecil dan tipis sekali. Buku tersebut terdiri dari 3 seri. Saat itu, tahun 2010, harganya hanya Rp. 2000,00/ seri.

Berikut penampakan buku tersebut.

Proses mereka bisa membaca sekitar 3-4 bulan. Itu dilakukan hampir setiap hari. Setelah itu, saya hanya memberikan bacaan ringan seperti majalah BOBO yang dapat mereka baca kapan pun untuk melancarkan bacaannya.

Semoga bermanfaat ya.

Terima kasih ❤

Hera gandaria

Tinggalkan Balasan