Apa yang dimaksud dengan Geopark? πŸ€”

GeoparkΒ adalah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi dimana masyarakat setempat juga berperan untuk melindungi dan meningkatkan fungsinya.

Geopark singkatan dari Geological Park, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi atau taman bumi.

Apakah Geopark sama dengan Taman Nasional?

Geopark berbeda dengan taman nasional. Taman nasional adalah kawasan konservasi yang melindungi segenap habitat dan ekosistem yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, terkadang, taman nasional bisa ditutup dengan jangka waktu yang tidak bisa ditentukan untuk perbaikan ekosistem dan sebagainya.

Geopark tidak hanya sebatas soal konservasi ekosistem saja, nih. Namun, kawasan ini memiliki unsur-unsur geologi, dimana masyarakat setempat juga diajak untuk ikut berperan dalam melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, nilai arkeologi, ekologi, dan budaya di dalamnya.

Tujuan dan Fungsi

Tujuan dari geopark adalah mengambil manfaat, menggali, menghargai, dan mengembangkan warisan geologi yang ada di tempat tesebut.

Fungsinya untuk melindungi warisan geologi di dunia.

Geopark yang ada di Indonesia

Indonesia adalah negara yang banyak memiliki geopark, seperti: Geopark Pongkor, Rinjani, Ciletuh, Karang Bolong Karang Sambung, Raja Ampat, dan lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih ❀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *