Apa yang Dilakukan Anak Sepulang Sekolah? Survei ala Dunia Hera

Menarik mundur ke belakang, sekitar 30 tahun yang lalu. Saat pertama kali Bapak mendaftarkan saya ke SDN 04 Bukit Senang, Kepulauan Riau. Saya begitu bahagia. Mengapa? karena pelajarannya begitu mudah, waktu sekolah begitu pendek sehingga saya masih bisa mengaji di sore harinya.

Namun seiring waktu, terjadi perubahan yang sangat drastis. Pelajaran setingkat anak SD begitu rumit. Waktu sekolah semakin Panjang sehingga sulit sekali meluangkan waktu untuk mengaji di sore hari.

Hal ini pertama kali saya rasakan ketika putri sulung kami mulai belajar di bangku sekolah dasar. Sejujurnya, saya terkejut dengan materi yang ada di buku paket. Ternyata, materi pelajaran sekarang jauh lebih berisi atau dengan kata lain berat.😂

Dahulu ketika pulang sekolah, saya masih bisa bermain. Namun saat ini saya tak tahu. Apakah Anak-anak sekarang masih punya waktu bermain?

Beranjak dari pertanyaan itu, saya pun mulai melakukan survei ala Dunia Hera. Survei itu saya lakukan kepada 16 responden. Dengan rentang usia 7 – 12 tahun ( kelas 1 – kelas 6 SD).

Saya mengajukan pertanyaan: “Apa yang dilakukan setelah pulang sekolah?”

Survei ala Dunia Hera

Hasil survei tersebut adalah :

Les 56,3 % (9 anak)

Main 31,3% (5 anak)

Game 6,2% (1 orang)

Nonton TV 6,2% (1 orang)

Berdasarkan hasil survei tersebut terlihat bahwa les menempati urutan teratas. Hal ini sangat wajar karena kurikulum setingkat sekolah dasar sekarang lebih “berisi” dibanding dulu.

Bermain sepulang sekolah menempati urutan kedua. Ini menunjukkan, meskipun kurikulum sekarang lebih berisi. Ternyata anak-anak masih mempunyai waktu bermain.

Game dan Menonton televisi menempati urutan ketiga. Ini dikarenakan mereka tumbuh di jaman teknologi sudah berkembang pesat. Begitu banyak jenis game dan pilihan acara televisi . Coba bandingkan dengan 3 dekade lampau.

Dannn….Berpijak dari hasil survei tersebut. Ada sebuah tantangan bagi orang tua dan anak-anak sekarang. Tantangan tersebut adalah “Bagaimana cara menyeimbangkan antara waktu belajar dan waktu bermain?”

Terima kasih ❤

2 tanggapan pada “Apa yang Dilakukan Anak Sepulang Sekolah? Survei ala Dunia Hera”

Tinggalkan Balasan